Diet Syar'i Ala Rosulullah Dengan Kurma Dan Mentimun

Dalam satu literatur dalam bahasa inggris "DIET" kepanjangan dari : Did I Eat That?. Tapi pemahaman diet yang umum adalah mengatur pola makan.

Menurut istriku, adiknya yang kembar Hilma pernah jatuh lemas dan sekujur tubuhnya berkeringat dingin dikarenakan pola “Diet” yang salah, begitu juga saudara kembarnya Hilda sakit perut yang berkepanjangan, bahkan sampai sesak nafasnya. Awalnya dikarenakan pola makan yang tidak teratur.

Memang agar kurus banyak hal yang diupayakan oleh banyak orang, bukan hanya kaum hawa saja tetapi juga banyak juga para pria yang ingin menjaga penampilannya. Dari mulai Atkins diet, Rawfood diet, Food combaining, diet macan, diet mediterania, diet kurma, diet karbo, acai berry dan berbagai nama diet sampai laris manisnya alat-alat penurun berat badan di tv media.
Diet Syar'i Ala Rosulullah Dengan Kurma Dan Mentimun

Biayanya pun beragam dari yang murah sampai yang mahal banget. Tapi saya agak ragu apakah metoda dan pola-pola diet itu banyak berhasilnya atau justru lebih banyak gagalnya.

Jika menela’ah kehidupan Rasulullah SAW, beliau jarang sekali sakit. Pola hidupnya sangatlah sehat. Dari mulai pola makan, istirahat, berolahraga dan sebagainya. Dan mungkin saja bisa dibuat metoda Diet syar’i yang mengikuti pola beliau.

Karena satu dan lain hal, nafsu makan sebagian orang kadang naik dan kadang menurun drastis. Dan bagi sebagian orang lambungnya tidak bisa menampung banyak makanan. Makan sedikit cepet banget kenyangnya, dipaksa makan banyak pun mual. Tandanya lambungnya kecil dan lemah sehingga perlu dikuatkan.

Cara untuk menguatkan lambung adalah dengan makan makanan manis, kurma adalah makanan terbaik untuk menguatkan lambung. Buktinya bayi yang baru lahir ditahnik menggunakan kurma (menyiapkan lambung untuk menerima makanan pertama kali) dan saat buka puasa dianjurkan untuk memakan kurma.

Kurma baik untuk diet orang yang ingin menggemukkan badannya jika dikombinasikan dengan mentimun seperti yang dikatakan Aisyah berikut ini…

"Mereka berusah membuat saya menjadi gemuk dengan berbagai macam makanan, tetapi tidak berhasil. Ketika mereka berusaha membuat saya gemuk dengan mentimun dan kurma, saya pun menjadi gemuk"

Rasulullah Shallallahu alaihi wassalam juga menyantap kurma dengan mentimun seperti dalam riwayat Shahih Al-Bukhari dan Muslim dari Abdullah bin Ja’far bahwa ia menceritakan:

"Aku pernah melihat Rasulullah Shallallahu alaihi wassalam menyantap kurma dan mentimun"

Sifat Kurma

  • Kurma bersifat panas pada tingkatan ke-dua.
  • Dapat memperkuat lambung yang bersuhu dingin sehingga terasa nyaman.
  • Menambah karbohidrat.
  • Kurma cepat berubah baunya.
  • Membuat haus.
  • Mengotori darah.
  • Menimbulkan sumbatan serta rasa sakit pada kandung kemih.
  • Membahayakan gigi.
Sifat mentimun
  • Mentimun bersifat dingin pada tingkatan ke-dua.
  • Dapat meredam rasa haus.
  • Menambah stamina.
  • Menambah aroma karena ada unsur wangi di dalamnya.
  • Bisa meredam panas pada lambung yang meradang.
  • Bila dijemur dan ditumbuk halus, lalu diperas airnya dan diminum, bisa menghilangkan dahaga.
  • Memperlancar buang air kecil serta menghilangkan rasa sakit pada kandung kemih.
  • Bila ditumbuk dan disaring kemudian digosokkan ke gigi, bisa membersihkan plak gigi.
Alasan kurma perlu dikombinasikan dengan mentimun….Kurma bersifat panas dan mentimun bersifat dingin, masing-masing bisa memperbaiki kekurangan pada buah lainnya, bisa menghilangkan bahayanya dan dapat mengatasi temperatur atau sifat yang berlawanan dengannya.

Di dalam thibbun nabawi ada prinsip keseimbangan, salah satunya dengan menyeimbangkan bahan makanan. Makanan yang panas digabung dengan yang dingin, efek samping makanan yang satu dinetralisir oleh makanan yang lain. Dengan begitu makanan bisa memberikan manfaat optimalnya dalam menjaga kesehatan tubuh, meningkatkan stamina, dan pertumbuhan badan.

Bagaimana rasanya kombinasi kurma dan mentimun??

Kombinasi kurma dan mentimun bisa dibuat menjadi jus atau dimakan langsung. Bila kalian tipe orang super malas untuk membuat jus (plus ngebersihin blendernya) dan ada kontroversi panasnya putaran pisau blender bisa merusak bahan makanan, pilihan lainnya adalah di makan langsung saja. Ganti-gantian. Surprisingly, rasanya enak! rasakan sensaninya saat habis mengunyah kurma lalu lanjut mengunyah mentimun, ada rasa manis dan segar.

Untuk sarapan pagi siapkan 7 butir kurma dan satu buah mentimun yang dipotong-potong. Jenis kurmanya bebas yang penting bukan manisan kurma, request aja ke penjualnya kurma yang banyak dagingnya. Untuk mentimun beli yang organik kalau bisa biar sehat.

Makan kurma dan mentimun kalau dilakukan baru beberapa hari saja, untuk menambah berat badan kayaknya belum ngaruh. Efek kenyangnya ternyata cukup lama dan perut rasanya nyaman (cocok buat perut yang suka rewel kalau sarapan pagi pakai nasi dan lauk). Untuk stamina, akan terasa lebih berenergi dan saat harus beraktivitas gak segampang capek bisanya.

Sumber: Metode pengobatan Nabi Shallallahu alaihi wassalam, bab: Petunjuk Nabi Shallallahu alaihi wassalam untuk mencegah bahaya makanan dan buah-buahan serta kiat menghindari efek sampingnya dan memaksimalkan khasiatnya (120–121). Penulis: Ibnul Qayyim Al-Jauziyyah.
Photobucket  photo adchoice.png .